Rabu, 10 Desember 2008

PELATIHAN MENEMBAK KEPERCAYAAN DI SATBRIMOB POLDA SULTENG






Tantangan tugas yang dihadapi Polri pada umumnya dan Korps Brigade Mobil pada khususnya dewasa ini terasa kian meningkat dan membutuhkan profesionalisme pada setiap personil Brimob yang dibekali dengan kemampuan yang baik di semua segi. Diantara kemampuan – kemampuan tersebut adalah kemampuan menembak kepercayaan.

Menembak kepercayaan merupakan kemampuan yang membutuhkan ketelitian, kecepatan,ketepatan dan ketenangan dalam berbagai sikap atau posisi menembak, hal ini disebabkan karena menembak kepercayaan bertujuan untuk menembak sasaran yang sulit dan memiliki persentase keamanan yang begitu kecil terhadap objek yang dapat berupa sandera dan suatu alat yang dianggap berbahaya dan dapat mengakibatkan kerusakan besar. Hal ini digambarkan dalam latihan menembak kepercayaan, yaitu berupa berbagai tipe sasaran menembak yang diasumsikan sebagai balon yang diletakkan dalam berbagi posisi pada sasaran tembak. Hal ini berdasarkan pada berbagai kasus penyanderaan yang kerap terjadi pada situasi dimana korban dijadikan tameng pelindung oleh penyandera, dengan adanya kemampuan menembak kepercayaan para penembak mendapat kepercayaan diri untuk menembak sudut sempit pada tubuh penyandera tanpa melukai korban sandera. Dalam kasus lain diasumsikan pada pelaku yang memegang bom aktif atau detonator aktif, dimana penembak harus menembak dari sudut kecil guna melumpuhkan pelaku hingga tidak memberi kesempatan kepada reakasi pelaku yg bisa menimbulkan kerugian lebih besar lagi.

Pelatihan menembak kepercayaan yang dipimpin langsung oleh Kasat Brimob Polda Sulteng AKBP G.M. Putra P.J, SIk selaku penanggung jawab dan Wakasat Brimob Polda Sulteng Kompol. Yudo Nugroho, S, SIk selaku ketua tim pelaksana latihan. Pelatihan di laksanakan dilapangan tembak Mako Satbrimob Polda Sulteng. pelatihan ini dimaksud untuk membantu tugas – tugas penting terutama guna mendukung tugas – tugas wanteror, lebih khususnya lagi menurut Kasat Brimob Polda Sulteng pelatihan ini bertujuan untuk membina dan membentuk mental dan kepercayaan personil terhadap kemampuan diri sendiri dan personil lain sebagai rekan di lapangan tugas. Untuk hal ini, sebagaimana telah disebutkan diatas diasumsikan pada target penembak yang dipegang oleh rekannya sendiri, baik dalam posisi aman maupun yang memiliki persentase tingkat keamanan yang kecil. Rangkaian pelatihan kemampuan Brimob yang dilaksanakan Satbrimob Polda Sulteng termasuk Menembak Kepercayaan ini Juga bertujuan untuk mengatasi segala tantangan kedepan serta untuk turut berperan aktif menghadapi berbagai aksi kejahatan dan menjaga stabilitas keamanan di wilayah hukum Polda Sulteng.

Tidak ada komentar: